Minggu, 28 Juni 2009

Anak Sekecil Itu

Walau lebaran sudah lewat dua pekan, tapi masih saja ada keluarga yang datang bersilaturahmi ke rumah orang tuaku. Nggak ada salahnya khan. Mungkin karena kesibukan mudik ke keluarga dekat, kunjungan ke saudara jauh baru bisa dilakukan setelahnya.

Salah satu keluarga jauh kami berkunjung ke rumah. Sepasang suami istri, keluarga muda dengan satu orang anak perempuan umur 5 tahun. Qonita, namanya. Gadis kecil ini sangat cantik. Ia memakai baju muslim anak-anak dengan berkerudung kuning gading. Sangat serasi dengan pakaian ayah ibunya. Aku perhatikan, anak ini sangat aktif dan lincah. Ia tidak canggung menyapa semua orang yang ditemuinya. calamualaikum.. calamualaikum (maksudnya mungkin assalamu'alaikum).. ujarnya setiap ketemu orang.

Qonita tidak bisa diam, walau ibunya memanggil untuk duduk di ruang tamu, Qonita sibuk jalan-jalan di rumah orang tuaku. Setiap kamar dimasukinya ia selalu mengucapkan salam. Calamu'alaikum.. calamu'alaikum.. lucu sekali gayanya. Begitu terus berulang-ulang.. bahkan ketika masuk ke dapur dan kamar mandipun dia mengucapkan salam, padahal tidak ada orang saat itu. Anak ini kelihatan cerdas dan aktif, sungguh pintar ayah ibunya mendidiknya...

Aku akhirnya berhasil mengajak Qonita ngobrol. Dengan mainan yang ku sodorkan padanya iseng-iseng aku perhatikan kerudung kuning gading yang dipakenya.. sekilas aku melihat seperti ada motif bulir padi dan bulan sabit di sana.. tidak terlalu kentara sih.. Akupun bertanya pada Qonita..

"Kerudungnya ada gambar apa niii?
"pe-ka-es" jawab Qonita tangkas..
"Masa sih" aku bertanya ulang
"Iya.. nanti pilih pe-ka-es, oom" jawab Qonita lagi

Aku langsung terdiam.. Sebenarnya hak orang tuanya ngajarin apapun pada anaknya. Tapi please deh.. Anak sekecil itu gitu loh

Cikembar Sukabumi, 19/10/08. 6.30

Tidak ada komentar: