Jumat, 30 Oktober 2009

Memandang Foto Orang Terkasih Bisa Redakan Nyeri

health.detik.com

Memajang foto orang tersayang di atas meja selain mengobati rasa kangen ternyata juga bisa memberikan efek bagus bagi kesehatan. Kebiasaan memandang foto orang-orang tersayang bisa jadi obat peredam nyeri.

Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari Amerika yang menyarankan agar setiap orang yang sedang sakit membawa foto orang terkasihnya agar lekas sembuh.

Dikutip dari Dailymail, Jumat (30/10/2009), sebuah tes dilakukan peneliti dari University of Los Angeles untuk mengetahui efek foto terhadap kesehatan pasien. Sebanyak 28 pasien pun diikutsertakan dalam studi tersebut.

Untuk mengetahui efek langsung antara sakit dan foto, digunakan sebuah alat pengukur rasa sakit (heat-pain device) dari panas yang dihubungkan ke bagian lengan pasien. Panas akan merambat ke lengan dan pasien akan merasa kesakitan jika sudah tidak sanggup merasakan panas.

Saat alat itu dinyalakan, pasien diminta melihat 2 jenis foto. Foto pertama adalah foto orang-orang yang dicintainya dan foto kedua adalah foto orang asing.

Untuk membandingkan efek foto dan kehadiran orang secara langsung, pasien pun diminta untuk memegang tangan dari 2 orang yang berbeda, yaitu orang tercinta dan orang asing. Pasien memegang tangan melalui tirai kasur tanpa melihat wajah mereka secara langsung.

Hasilnya ternyata, melihat foto orang yang dikasihi, baik itu teman, kekasih, orang tua atau anak, terbukti memiliki dampak positif meredakan rasa sakit yang lebih besar ketimbang memegang tangan orang yang dicintai.

Ketika pasien melihat gambar orang yang dicintainya dari sebuah foto, ternyata rasa sakit yang diakibatkan oleh alat pemanas itu tidak begitu terasa dibanding dengan saat ia memegang tangan orang yang dicintainya dari balik tirai kasur.

Peneliti beranggapan bahwa ketika seseorang melihat gambar dan wajah yang terdapat di sebuah foto, otaknya akan bekerja lebih aktif dan mendorong produksi hormon pereda rasa sakit dan anti stres seperti dopamin dan endorfin untuk bekerja. Efek itu pun berpengaruh pada kekuatan mental dan fisiknya.

Tak hanya orang sakit, orang dalam keadaan normal pun menurut peneliti akan memiliki dampak yang positif saat melihat foto orang tersayang. Jadi, pastikan Anda membawa foto orang-orang tersayang kemanapun Anda pergi.

Tidak ada komentar: