Minggu, 11 Oktober 2009

No Goals, No Targets, No Results

*(Pelajaran dari Brian Tracy – Success Guru) *

* *

Setiap orang pasti ingin sukses. Namun, dalam kenyataannya tidak banyak orang yang bisa sukses seperti yang didambakan. Mengapa?
Jawabannya sederhana: TIDAK PUNYA TUJUAN YANG JELAS.

Penelitian berkali-kali menunjukkan bahwa orang yang punya tujuan yang jelas (* clear goals* ) akan lebih cepat sukses daripada mereka yang tidak memilikinya. Mengapa begitu?


*Mengalahkan Juara Dunia dalam 10 Menit! *

Brian Tracy, Sang Success Guru menjelaskan seperti ini. Tracy menjamin bahwa dalam 10 menit, ia dapat melatih Anda bagaimana cara melempar *dart* sebaik-baiknya sehingga Anda mampu mengalahkan juara dunia.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Inilah skenarionya. Ia akan mengumpulkan Anda berdua (Anda dan sang juara). Kemudian ia akan memberikan Anda papan dengan beberapa *dart* .

Lalu Anda berdua diperintahkan untuk bersiap melempar *dart* ke papan tadi. Akan tetapi, sebelum sang juara beraksi, Tracy akan menutup mata sang juara, memutarnya beberapa kali sampai dia kehilangan arah. Anda, bagaimana pun tidak perlu memakai penutup mata dan dapat melihat papan *dart* di depan Anda sejelas-jelasnya. Sang juara tidak dapat melihat papan *dart* dan kini ia pun kehilangan arah. Ia tidak tahu di mana papan *dart* berada.
Dalam situasi ini, Anda berdua di minta untuk melempar *dart* tersebut ke arah papan tadi.

Di antara Anda berdua, siapa yang akan menancapkan *dart* lebih banyak di papannya? Sang juara (yang matanya ditutup dan kehilangan arah) atau Anda (tidak memakai penutup mata dan dapat melihat papan *dart* dengan jelas)?

Tentu Ada akan tampil lebih baik dari pada sang juara? Mengapa? Karena Anda dapat melihat sasaran Anda (* goal* ) dengan jelas. Sementara ia tidak. Hal ini sangat mudah, langsung mengena dan tepat! Dan yang mengherankan adalah meski setiap orang ingin mencapai sukses, namun hanya 3% dari populasi dunia yang benar-benar menuliskan, membaca, dan mengulang tujuan hidup mereka setiap hari!!

*Do You Have A Dart Board? *

Hampir seluruh penduduk bumi (97%) menghabiskan hidupnya tanpa tujuan yang jelas. Beberapa dari mereka begitu sibuk menggeluti pekerjaannya sehingga kehilangan pandangan dan tujuan. Mereka hanya melempar *dart* pada papan yang tidak ada! Benar-benar usaha yang sia-sia, menghabiskan waktu dan tenaga!

*Bagaimana dengan Anda? Apa tujuan Anda? Apakah Anda punya tujuan yang jelas. Apakah Anda membaca dan mengulang tujuan-tujuan ini setiap hari untuk mengingatkan diri Anda. Jika jawabannya “ya”, selamat Anda sudah berada di jalan yang benar untuk mencapai sukses. Jika jawabannya “tidak”, maka saya sarankan Anda untuk segera menulis tujuan itu. Semua yang Anda butuhkan adalah menghabiskan cukup waktu sambil bertanya kepada diri Anda, “Apakah hal ini yang benar-benar ingin saya capai?” Kemudian tulislah SEGERA tujuan itu. *

*Pulanglah ke Rumah Secepatnya! *

Jakarta adalah kota macet! Rata-rata, seseorang membutuhkan 1–2 jam perjalanan dari rumah ke kantor mereka. Dan 1-2 jam perjalanan lagi untuk pulang ke rumah. Seorang teman bercerita kepada saya tentang insiden yang menimpanya. Rata-rata ia membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan dari kantor ke rumah. Sejak rumahnya terletak di “rute macet”, tidak ada suatu apa pun yang dapat ia lakukan. Jadi setiap hari, saat ia terjebak dalam kemacetan, ia selalu mendengarkan musik, radio, dan kaset-kaset motivasi. Dengan kata lain, ia menerima waktu 1,5 jam itu tanpa rasa kecewa dan amarah.

Tetapi, suatu hari, dalam perjalanan pulang, istrinya menelpon dan mengatakan bahwa anaknya yang berusia dua tahun terjatuh dan mengalami robek di dahinya. Dan sekarang sedang mengalami pendarahan hebat. “Pulanglah ke rumah secepat-cepatnya!” Suara tangisan anak kesayangannya terdengar di belakang telepon. Segera ia tancap gas dan mengambil sisi jalan, bergerak agak cepat…semua dilakukan hanya untuk sampai ke rumah dalam waktu sesingkat-singkatny a.

Akhirnya, ia sampai ke rumah. Dan ternyata, ia hanya menghabiskan waktu satu jam perjalanan dari kantor ke rumah! 30 menit lebih cepat dari biasanya! Istrinya sangat terkejut. “Bagaimana kamu bisa sampai ke rumah dalam tempo satu jam?” Ia menjawab, “Saya menerobos, menekan gas sedalam-dalamnya, mengambil jalan pintas, bergerak cepat… pokoknya apa pun yang dapat membuat saya lebih cepat!”

*Jadi Apa yang Bisa Kita Pelajari? *

Ketika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas dan bisa memvisualisasi hasil akhirnya secara jelas, otomatis Anda akan memiliki tingkat KEPENTINGAN yang lebih kuat. Ketika kita ingin lebih cepat mencapai tujuan kita, secara otomatis kita akan menemukan jalan yang lebih baik dan lebih cepat untuk mencapai tujuan tersebut—dengan kata lain, kita akan mencapai sukses LEBIH CEPAT!

*Bagaimana dengan Anda? Apa tujuan Anda? Dapatkan Anda menggambarkan HASIL AKHIR? Jika jawabannya “ya”, selamat! Anda akan mencapai tujuan Anda dan sukses lebih cepat dari kebanyakan orang. Jika jawabannya “tidak”, maka saya sarankan Anda untuk mulai menuliskan tujuan Anda. Anda akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mencapai tujuan Anda! Mengapa Anda ingin MENYIA-NYIAKAN waktu dan hidup Anda. *


*Setelah “Apa” Datanglah “Kenapa” *

Berpikirlah realistis. Perlu kerja keras dan pengorbanan untuk mencapai tujuan dan sukses! Tidak ada jalan pintas, atau rumus-rumus ajaib. Kadang ini juga menyakitkan hati. Ketika teman Anda menikmati hidup mereka, Anda bekerja. Saya tahu semua ini karena saya sudah mengalami pengorbanan itu selama 10 tahun!

Seringkali, ketika Anda sudah sangat lelah, hampir frustrasi, Anda akan bertanya kepada diri sendiri, “Mengapa saya melakukan semua ini? Untuk apa semua ini? Apakah pengorbanan ini berharga buat saya?”

Anda lihat apa yang terjadi? Sekarang Anda bertanya “mengapa”. Jika kata “mengapa” itu tidak kuat dan cukup jelas, Anda akan berkata, “Ah… peduli amat! Lupakan saja! Ini tidak berharga!” Dan kemudian menyerah.

Jadi sebelum Anda memulai sebuah usaha, SANGATLAH PENTING untuk memahami dengan jelas MENGAPA Anda ingin mencapainya. Jika kata “mengapa” tidak terasa jelas, kuat dan mendorong perasaaan Anda (senang, gembira, bangga, takut, dan sebagainya), kemungkinan besar Anda akan gagal.

Biarkan saya memberi contoh. Anda berada di sebuah kolam renang dan kepala Anda berada di atas air dan Anda merasa rileks. Tiba-tiba, saya menekan kepala Anda ke dalam air dan menahannya sampai Anda kehabisan nafas…dan saya TETAP menahan kepala Anda dengan sangat kuat, kemudian saya sangat yakin jika Anda akan berusaha keras mengeluarkan kepala Anda untuk menghirup udara segar! Ketika Anda merasa harus mengambil nafas, Anda akan BERJUANG mendapatkannya!

Jadi, “Apa” tujuan Anda… dan yang lebih penting lagi adalah “mengapa” Anda ingin mencapainya? Untuk siapa Anda melakukan semua itu? Bisakah Anda melihat hasil akhirnya? Apakah visualisasi hasil akhir akan membuat Anda gembira, sedih, tersentuh, menangis, takut, bangga? Jika iya, maka Anda berada pada jalur yang benar. Jika tidak, maka definisi Anda tentang “mengapa” tidaklah jelas dan cukup kuat sehingga Anda harus mencari alasan lain yang lebih kuat. Jika tidak, maka usaha Anda akan menjadi tidak berharga.

Apa yang telah kita diskusikan adalah dua prinsip dasar dari Penetapan Tujuan (* Goal Setting* )—LANGKAH AWAL untuk sukses. Namun tidak banyak orang di dunia ini yang melakukannya. Mengapa? Sebab mereka tidak pernah diajarkan seperti ini di sekolah.

Kenyataannya: “Ada sebuah rumus” yang menjadi metode dan pendekatan yang tepat untuk menjadi sukses. Kerja keras tidaklah cukup. Hal itu baik, namun kerap tidak cukup bagus. Kita sudah banyak melihat orang yang suka bekerja keras namun tidak mencapai satu kesuksesan pun. Ada beberapa teknik yang sebenarnya bisa dipelajari.

Sukses untuk kita!
B. Patriawan