Senin, 20 Mei 2013

Cinta tapi Mengekang?

Mira adalah teman super duper baik dan paling open minded (menurutku), suatu hari pernah bertanya : 
 
"Gun, sebagai laki2, beri guwe alesan kenapa kalian begitu protective, kadang over protective ma kita kaum perempuan, sampai2 kadang kita ngerasa gerah banget, please, alasan yang masuk akal ya, yang nggak memojokan laki2. Kenapa sebagian besar juga nunjukin cinta dengan cara mengekang?"
 
Dan gua-pun beraksi layaknya psikolog cinta ria tralala...
 
Gini, Mir. Kebetulan gw bukan tipe lelaki yang over protective. Gw malah yang pengen dilindungi. Huwahahahaha. Tapi gw bisa paham kok jika ada yang lelaki yang over begitu. Penjelasannya begini...
1) Pada dasarnya pola asuh cowok dan cewek itu beda (loe juga udah tau, he3). Lelaki diajarkan untuk melindungi sodara-sodara perempuannya, walaupun dia masih segede termos. Gw ingat waktu jalan ama sepupu-sepupu dan kakak perempuan, ayah berpesan agar gw jagain mereka. Padahal gw waktu itu khan masih imut. Eh, alih-alih jagain mereka. Malah si teteh yang jadi bodyguard gw.

Nah, dari situ lelaki diajarkan dan terbiasa untuk menjadi protective. Untuk beberapa kasus malah jadi over.
 

2) Rasa memiliki yang berlebihan juga sering jadi kambing hitam. "Lu adalah milik gw. Gw nggak mau lu kenapa-napa. Lu jangan ini, lu jangan itu. Gw takut kehilangan lu ", begitu yang ada dalam pikiran lelaki. Ini bisa berarti sayang, tapi juga bisa jadi bentuk egoisme lelaki yg nggak mau 'berbagi' perhatian dari pasangannya  

3) Tapi menurut gw, perempuan perlu jeli membaca over protectivenya si lelaki termasuk yang mana, pola asuh, rasa sayang & memiliki atau karena memang hanya pengen mengekang.

Nah, solusinya lu bisa cari sendiri dengan identifikasi hal tadi. Lalu lu beri pengertian, beri pembukktian bahwa lu bisa jaga diri atau jelasin dengan baik-baik bahwa lu nggak mau dikekakng tanpa alasan yg jelas.

Love

Gugun

Senin, 29 April 2013

Anggun, apa yang belum ku tahu tentang mu? Bagian 3.

thanks to : lumograph
------------------



:GO INTERNASIONAL:.
Untuk bisa go international satu-satunya cara harus keluar dari Indonesia. Tidak mungkin tinggal di Indonesia, tetapi bermimpi punya karir diluar negeri. Karena kita harus datang kenegara tujuan kita dan meyakinkan produser disana bahwa kita potensial.
Ini sama sekali tidak bisa dilakukan secara koresponden, tetapi harus bertemu langsung dengan mereka.
(Kompas, Oktober 1999)

.:KEMARIN BERBEDA DENGAN HARI INI, JUGA DENGAN ESOK HARI:.
Saya sekarang cenderung memikirkan untuk esok hari, bukan hari kemarin. Kemarin saya terkenal di Indonesia, tetapi diluar Indonesia bukan siapa-siapa.Pemikiran seperti itu yang memacu saya untuk bekerja keras.
(Kompas, Oktober 1999)

.:TERKENAL VS BERKEMBANG:.
Cita-sita saya bukan untuk menjadi penyanyi terkenal dunia, tetapi saya hanya ingin karir musik saya maju dan tidak stagnan. Kalau saya dulu berhasil di Indonesia, maka saya akan berpikir untuk berhasil diluar Indonesia.
Buat apa terkenal kalau tidak maju-maju.
Kompas, Oktober 1999)

.:WUJUD TERIMA KASIH KEPADA TUHAN:.
Tuhan sudah memberikan bakat kepada saya, maka saya wajib berterima kasih kepada Tuhan. Terus berkarya seperti menulis lagu dan menyanyi adalah salah satu cara saya berterima kasih kepada Tuhan.
(Kompas, Oktober 1999)

.:TENTANG ANAK:.
Memiliki anak itu tidak cuma sekedar hamil selama sembilan bulan, melahirkan dan setelah itu selesai. Saya belum ingin punya anak karena saat ini saya masih sibuk dengan karir saya. Saya tidak mau nanti karir saya mengganggu tanggung jawab saya terhadap anak saya, jadi bukan sebaliknya.
(Kompas, Maret 2000)

.:ABOUT CAREER:.
A profesional career isn't built in a minute, neither overnight, nor instanltly. You can't be in a rush when you want to build something good (America's Global Hit, September 1, 1998)

.:MASA LALU BUKAN UNTUK DI INGKARI:.
Kita semua punya masa lalu, baik yang menyenangkan dan yang buruk. Masa-masa itu sangat berpengaruh. Kalau tidak melewati itu, kita tidak mungkin bisa seperti sekarang.
(Bintang Indonesia, Agustus 1997)

.:BELAJAR DARI KESALAHAN:.
Sebagai manusia biasa, saya juga mempunya masa-masa yang buruk dan negatif dalam hidup saya. Tetapi saya cepat-cepat melupakannya. Yang membuat saya tetap berjalan lurus dan lebih berhati-hati adalah dengan belajar dari kesalahan
(Jakarta Jakarta, September 1997)

.:ARTIS LOKAL, PRODUK LUAR:.
Orang bilang saya sudah go internasional. Saya bukan penyanyi Prancis atau penyanyi asing. Saya tetap penyanyi Indonesia dengan latar belakang pendidikan kultur Indonesia. Saya lebih suka disebut sebagai artis lokal dengan produk luar.
(Kawanku, Oktober 1997)

.:SETUJU DENGAN PERUBAHAN:.
Apa artinya menjadi seorang artis kalau tidak punya keinginan untuk berkembang. Yang namanya berkembang, mau tidak mau harus setuju dengan segala macam bentuk perubahan. Perubahan dalam bentuk adaptasi.
(Gadis, September 1997)

.:HIDUP SAMA DENGAN JALAN PANJANG:.
Hidup ini seperti jalan panjang dan lurus yang terdiri dari banyak persimpangan. Disetiap persimpangan kita bertemu orang. Kita bisa bertanya kepada orang tersebut arah yang ingin kita tuju.

.:HIDUP ITU INDAH:.
Hidup ini indah dan sangat sementara. Makanya dalam waktu yang singkat sedapat mungkin harus berbuat sesuatu untuk mencapai keinginan. Tidak perlu muluk-muluk. Yang penting lakukan dengan benar. Karena dalam kebenaran akan menghasilkan kebahagiaan.
(Bintang Millenia, Oktober 2000)

.:MUSIK ITU TIDAK SEHARUSNYA MENJADI TREND:. Ibarat model busana atau model rambut, hari ini trend tetapi besok belum tentu dipakai lagi. Saya tidak mau lagu-lagu saya juga seperti itu. Bagaimanapun, perdiksi kesuksesan sebuah album tidak bisa dibuat karena kondisi setiap negara berbeda-beda. Jadi penerimaan terhadap sebuah album juga berbeda. (Dewi, Maret 2000)

.:LAGU YANG JUJUR:.
Saya hanya menulis lagu yang bagus dan jujur. Lagu yang bagus dan jujur ketika didengar tidak hanya berhenti ditelinga, tetapi akan sampai kehati.
(Dewi, Maret 2000)

.:MENGAPA MEMBANTU ORANG YANG SUDAH MAMPU?:.
Menjadi seorang public figure di Eropah, saya sering mendapat fasilitas dan diprioritaskan. Bahkan sering mendapat busana dan makanan mahal secara gratis. Kadang saya bingung, kenapa mereka justru membantu orang yang sudah mampu?
(Dewi, Maret 2000)

.:NOMADEN:.
Keinginan saya untuk meninggalkan Indonesia ibarat membaca buku. Ketika saya selesai membaca satu buku, saya tidak akan kembali membaca buku itu sampai berulang-ulang. Tetapi saya akan membaca buku yang lain. Itu juga sebabnya saya berani bilang saya tidak akan tinggal selamanya di Prancis. Mungkin nanti saya akan pindah ke Italy, Swiss atau Amerika.
(Dewi, Maret 2000)

.:HUBUNGAN ORANG TUA DENGAN ANAK:.
Baik buruknya hubungan orangtua dengan anak tergantung kepada cara orangtua mendidik anak. Orangtua harus menyadari bahwa anak cenderung belajar dari kesalahan dan punya mimpi sendiri. Sementara anak perlu menyadari bahwa orangtua orangtua sudah belajar dari pengalaman orangtua dan tidak ingin mereka sampai melakukan kesalahan sekecil apapun.
(Dewi, Maret 2000)

.:DUA PILIHAN HIDUP:.
Supaya bisa total dalam berkarir, saya mengkondisikan hidup saya hanya punya dua pilihan saja : menjadi penyanyi atau menjadi ibu rumah tangga. Dan saya memilih menjadi penyanyi.
(Dewi, Maret 2000)

.:KONTRADISKSI:.
Orang lain mungkin hanya bisa melihat sisi menyenangkan dari karir saya dimana saya bisa hidup mapan, tour keliling dunia, bertemu banyak orang penting, konser satu panggung dengan penyanyi top dunia. Padahal saya juga bisa depresi. Bayangkan ketika siang hari saya bertemu ribuan orang, malamnya saya sendirian tanpa siapa-siapa dihotel.
(Dewi, Maret 2000)

.:RESPEK DENGAN PROFESI LAIN:.
Bukan berarti karena sedikit sukses disatu karir, terus saya mencoba merambah bidang lain. Itu sama sekali tidak respek dengan bidang karir lain. Ini seperti melihat model atau aktris yang mengaku penyanyi, padahal tidak bisa menyanyi.
(Dewi, Maret 2000)

.:MUSIK BUKAN UNTUK BAHAN DISKUSI:.
Musik itu bukan sesuatu yang bisa didiskusikan, tetapi didegar dan diapresiasi.
(Kompas, Oktober 2000)

.:FULL OF SURPRISE:.
Life is full od surprise. Kita tidak pernah bisa menebak akan seperti apa hidup kita kedepan. Lakukan yang terbaik kemudian tunggu hasilnya. Itu saja.
(Nova, November 2000)

.:MENAMBAH PENGALAMAN HIDUP:.
Saya meninggalkan Indonesia bukan karena saya tidak suka Indonesia. Meskipun saya orang Swedia atau orang Malaysia, saya tetap kana meninggalkan negara saya untuk belajar banyak hal dinegara lain.

.:MENJADI ROLE MODEL:.
Meski tidak secara frontal, setiap kali datang ke Indonesia saya selalu berusaha untuk memperlihatkan serta mengajak penyanyi Indonesia lainnya supaya bisa seperti saya, yaitu punya mimpi dan mau berjuang mewujudkannya.
(Nova, Oktober 2000)

.:GO INTERNASIONAL KARENA PRIA ASING?:.
Saya hanya bisa tersenyum ketika beberapa orang menuduh saya berhasil go internasional karena menikah dengan pria asing. Padahal saya bukan penyanyi Indonesia satu-satunya yang menikah dengan pria asing.
Kalau memang seperti itu, kenapa mereka sampai sekarang tidak bisa go internasional?,atau kenapa penyanyi Indonesia yang ingin go internasionalmtidak menikah saja dengan orang asing?
Saya pikir itu adalah pemikiran yang picik.
(Femina, November 2000)

.:PUNYA SUARA BAGUS SAJA TIDAK CUKUP:.
Kalau ingin bisa menembus pasar dunia, modal suara bagus dan bisa main musik saja belum cukup. Hanya karya yang unik dan punya ciri khas yang akan diperhatikan.

.:SEMAKIN JAUH JUSTRU SEMAKIN DEKAT:.
Berada jauh dari Indonesia, saya justru merasa semakin dekat dengan Indonesia karena saya bisa memandang Indonesia dari sudut pandang yang lebih objektif.
(Cosmopolitan, November 2000)

.:MIMPI:.
Hidup harus punya mimpi, karena dengan mempunyai mimpi kita semangat untuk berjuang mewjudkan mimpi menjadi kenyataan.
(Nyata, September 2000)

.:KEPOMPONG:.
Proses menulis lagu buat saya sama seperti kepompong. Kita tidak tau apakah nanti akan menjadi lagu yang bagus atau tidak.
(Muda Musika, Oktober 2000)

.:DIANTARA DUA BEDA:.
Saya suka terlebih dahulu mendengarkan penadapat yang berbeda-beda mengenai issu tertentu sebelum saya mengemukakan opini saya.
(Muda Musika, Oktober 2000)

.:ALBUM ADALAH POTRET PRIBADI:.
Ibarat sebuah foto, album adalah potret realita diri kita pada satu masa. Album pertama saya adalah potret diri saya tiga tahun yang lalu, sementara album kedua adalah potret dirisaya saat ini. Aku akan selalu berubah seiring waktu.
(Millenia, November 2000)

.:PENDIDIKAN YANG SEBENARNYA:.
Pendidikan dan pelajaran yang sebenarnya justru kita peroleh dari kehidupan sehari-hari ketika kita terlibat langsung didalamnya.
(Gaul, Agustus 2002)

.:TIDAK MEMPERJUANGKAN SESUATU LEWAT MUSIK:.
Saya tidak memperjuangkan sesuatu lewat musik. Saya sadar selalu ada alasan untuk memperjuangkan sesuatu. Saya akan melakukannya lewat ajang diskusi atau debat, tetapi tidak lewat musik.
(Female, Desember 2000)

.:SELAMANYA INDONESIA:.
Saya lahir sebagai orang Indonesia. Walaupun saya bisa berbicara dalam bahasa asing atau mengecat rambut saya menjadi pirang, itu tidak akan pernah membuat saya menjadi orang Amerika atau Prancis.
(Herworld, Desember 2000)

.:EVOLUSI MUSIK:.
Musik saya akan berubah terus. Mungkin bukan perubahan yang drastis, tetapi lebih bersifat menawarkan hal-hal yang baru.
(Female, Desember 2000)

.:KARAKTER UNIK PEREMPUAN:.
Kita bisa selembut rusa atau semanis kupu-kupu. Tetapi kita juga bisa menjadi seganas ular atau segalak macan.
(Female, Desember 2000)

.:ASIAN-EUROPEAN:.
Saya tidak punya buku manual tentang bagaimana perempuan Asia hidup di Eropah. Saya hanya menjalankan kehidupan normal saya.
I'm Asian inside, but on the outside I'm European. (Female, Desember 2000)

.:SEMUA ADALAH ANUGERAH:.
Saya belum pantas disebut penyanyi kelas dunia. Tetapi saya mengakui kalau apa yang saya peroleh sampai saat ini dalam karir musik saya adalah anugerah.
(Femina, 2003)

.:SIMPLE AND CLEAN:.
Saya sering disarankan untuk dandan sedikit lebih atraktif. Tetapi saya justru bisa tertawa sendiri menyaksikan diri saya didandani menor, rambut dikeriwil dan baju bulu-bulu. Saya lebih suka tampil simple and clean
(Femina 2003)

.:MENJADI PEREMPUAN:.
Saya bersyukur Tuhan memberi perempuan bentuk lahiriah yang sangat berbeda dengan pria. Tuhan pasti membutuhkan waktu lebih lama untuk menciptakan keturunan Hawa.
(Cosmopolitan, Oktober 2003)

.:TENTANG CINTA:.
Segala sesuatu yang indah datangnya dari cinta.
(Cosmopolitan, Oktober 2003)

.:SAYANG SUAMI DULU SEBELUM SAYANG ANAK:.
Sebelum menyayangi anak, saya harus menyayangi bapaknya dulu. Suami bisa saja ganti, tetapi anak khan untuk seumur hidup. Ada istilah mantan suami, tetapi tidak ada istilah mantan anak. Makanya untuk urusan bapak calon anak saya, saya cukup berhati-hati,
(Good House Keeping, Desember 2003)

.:KRITIK UNTUK ORANG INDONESIA:.
Kebanyakan orang Indonesia itu lebih suka mengkritik usaha orang lain daripada mencoba melakukannya sendiri.
(FHM, November 2003)

.:KRITIK UNTUK ARTIS INDONESIA:.
Aku melihat artis Indonesia terlanjur merasa nyaman di Indonesia, Kurang berani keluar dari confort zone dan menoba diluar Indonesia. Mungkin karena keterbatasan kemampuan adaptasi bahasa, budaya dan yang lainnya.

.:YANG PENTING INTERNASIONAL, BUKAN NAMA NEGARANYA:.
Sejak dulu saya hanya ingin punya karir internasional, tidak peduli mau dinegara mana saya harus tinggal.

.:ANTARA EROPAH DAN AMERIKA:.
Saat ini saya memilih untuk berkarya di Eropah saja. Tetapi meski berada di Eropah, bukan berarti saya tidak bisa menembus Amerika.

.:TENTANG FANS:.
Fansku semuanya baik-baik semua. Hmmm, nggak semuanya sich. Maksudku mereka itu kritis-kritis, mungkin karena selera mereka bagus.

.:MUSIK BUKAN KOMPETISI:.
Buat saya, musik bukan untuk kompetisi karena setiap penyanyi atau musisi punya pasar masing-masing. Perbedaan masing-masing artis adalah masalah personality dan kwalitas musiknya sendiri.

.:TENTANG MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN:.
Untuk bisa membahagiakan orang lain, saya harus bisa membahagiakan diri sendiri dulu.
(Good House Keeping, Oktober 2003)

Anggun, apa yang belum ku tahu tentang mu? Bagian 2.

thanks to : lumograph
------ 



.:TOPI BARET:.
Diawal penampilannya didepan publik, sebenarnya Anggun belum memakai baret. Ketika akan tampil diacara Candra Kirana di TVRI, Anggun hanya memakai celana ketat selutut dan kemeja tanpa lengan.
"Saat itu aku pikir kok penampilanku enggak ada ciri khas'nya. Eh, lagi mikir mau pake apa lagi...Anggun melihat sampul Majalah Gadis. Ada model bernama Monica pakai baret. Bagus juga. Akhirnya aku pakai baret sebagai ciri khas penampilanku"

.:JUARA SATU JVC TALENT SCOUTING:.
Sebelum mulai rekaman, Anggun terlebih dahulu mengikuti kompetisi nyanyi mulai dari tingkat sekolah hingga nasional. Diajang bergengsi JVC Talent Scouting, Anggun juara 1. Total juara yang pernah dimenangkan Anggun : 5 kali Juara 1, 2 kali Juara 2. 1 kali Juara Harapan 1 dan 1 kali Juara Harapan 2.

.:ALUN-ALUN JOGJA:.
Sampai sekarang Anggun masih penasaran dengan alun-alun Jogja. Disana ada mitos tentang siapa yang berhasil berjalan diantara dua pohon beringin dengan mata tertutup, maka salah satu impian'nya akan terwujud.
"Aku setiap kali ke Joja pasti selalu mencoba berjalan diantara pohon beringin dialun-alun Jogja, tetapi nggak pernah berhasil".

.:ROCK FOREVER:.
Meski sudah tidak menggeluti musik Rock lagi, tetapi Anggun masih suka musik Rock. Buat Anggun, album 'Justice For All' Metallica adalah album yang wajib dimiliki.

.: PENGGEMAR NINE INCH NAILs:.
Sebagai penggemar Sting, Anggun justru punya impian ingin diproduseri Trent Reznor dari band Nine Inch Nails.
"Aku kagum banget dengan karya-karya dia untuk Tori Amos dan Marlyn Manson".

.:TEMAN DUET:.
Anggun sudah sering menyanyi satu panggung dengan penyanyi kelas dunia seperti Sting, Bryan Adams, Dionne Warwick, Sarah Mc.Lahlan dan Celine Dion. Bahkan duet dengan Peter Gabriel dan Zucchero. Tetapi kalau ditanya dengan siapa Anggun ingin sekali duet, maka Anggun akan memilih David Bowie. Sementara dengan penyanyi Asia, Anggun tidak akan menolak duet dengan Ruth Sahanaya dan Sheila Majid.

.: PENGGEMAR BERAT FREDDY MERCURY:.
Dari antara semua vokalis yang dikaguminya, Anggun bisa dibilang Die-Hard Fan'nya Freddy Mercury. Anggun terkagum-kagum dengan kwalitas vokal mendiang vokalis Queen ini.

.:SUKA SUARA AGNES MONICA:.
Mengamati perkembangan musik tanah air, Anggun mengaku suka dengan suara penyanyi muda Agnes Monica.
"Dengan suara seperti itu, dia bisa punya prospek karir musik yang bagus", komentar Anggun tentang Agnes Monica.

.:AGNES MONICA TERINSPIRASI ANGGUN:.
Sukses Anggun menembus pasar dunia memicu Agnes Monica untuk mengikuti jejak Anggun.
"Anggun sudah membuktikan bahwa kita bisa bersaing dengan artis Amerika atau Eropah. Meski jalan'nya sulit, aku akan mencoba. Anggun sudah membuktikan bahwa sesuatu yang dulunya tidak mungkin itu ternyata bisa diwujudkan", kata Agnes tentang Anggun.

.: PERCAYA HOROSCOP:.
Tidak jelas apakah Anggun rajin membaca kolom Horoskop disetiap media cetak yang dia baca, tetapi Anggun mengaku percaya Horoscop.
"Katanya sebagai Taurus, aku tidak cocok dengan Sagitarius dan Scorpio. Entah ada hubungan'nya atau tidak, aku memang selalu bermasalah dengan kedua zodiak itu", tutur Anggun serius.

.:MORNING CALL:.
# 3 hal pertama yang dilakukan Anggun setiap pagi : Mendengar berita lewat radio
# Minum air putih
# Membaca jadwal aktifitasnya hari itu sambil memikirkan baju apa yang akan dipakai karena takut salah kostum.

.:TAKUT TIDUR SENDIRIAN:.
Meski bukan anak kecil lagi, Anggun masih takut tidur sendirian dan mimpi buruk. Setiap kali akan tidur, Anggun punya ritual menyalakan lilin sambil mendengarkan lagu Billy Holiday.

:BELAJAR DARI SEMUT:. Anggun pernah membaca buku berjudul 'Semut'. Sejak itu dia jadi kagum sama binatang tersebut. Dari kehidupan koloni semut, Anggun belajar bahwa untuk menjadi besar kita harus merasa kecil dulu.

.:BAGIAN TUBUH YANG PALING DISUKAI:.
Bagian tubuhnya yang paling disukai Anggun adalah mata. Makanya setiap kali dirias oleh penata rias, Anggun selalu meminta mengerjakan sendiri mengulaskan maskara pada bulu matanya.
"Mata itu seperti ekspresi jiwa dan jendela hati karena tidak bisa berdusta", ujar Anggun puitis.

.:FANS BERAT LAGU 'TUA-TUA KELADI':.
Melihat perubahan jalur musik Anggun yang sekarang, banyak orang yang menyangka kalau lagu 'Tua-Tua Keladi' yang melambungkan nama Anggun dulu bukan jenis lagu yang diinginkan Anggun.
"Mereka salah. Justru dulu aku bukan type penyanyi yang mau diatur-atur produser. Sampai sekarang aku masih suka dengan lagu 'Tua Tua Keladi'.

.:BERSEDIA MEMBUAT VERSI INGGRIS LAGU 'TUA-TUA KELADI':.
Anggun punya sederetan panjang daftar lagu-lagu hits'nya zaman dulu. Apakah Anggun pernah terpikir untuk membuat versi Inggris atau Prancis lagu-lagu seperti 'Tua-Tua Keladi' atau 'Mimpi'?
"Untuk seru-seru'an, why not?. Tetapi kalau untuk tujuan komersial, aku nggak mau".

.:LEBIH COCOK DENGAN PRIA ASING?:.
Pernikahan pertama Anggun dengan pria Prancis. Pernikahan kedua dengan pria Canada. Apakah Anggun merasa lebih cocok dengan pria asing daripada pria Indonesia?
"Sebenarnya dari dulu aku tidak pernah bercita-cita menikah dengan pria asing. Tiga kali aku menjalin hubungan dengan pria Indonesia, enggak ada yang cocok".

.:WANITA IDOLA PRIA COSMOPOLITAN:.
Majalah Cosmopolitan Indonesia bikin survey untuk 360 pria eksekutif muda Indonesia tentang wanita idola'nya. Berikut adalah nama-nama yang paling banyak dipilih.
# Anggun (41%)
# Jennifer Lopez (40%)
# Dian Sastro (26%)
# Halle Berry (25%)
# Titi DJ (15%)
# Norah Jones (14%)
# Nicole Kidman (12%)
# Ria Irawan (10%)
# Monica Belucci (9%)
# Inul Daratista (8%)

.:COVER FHM PERTAMA:.
Anggun adalah perempuan pertama Indonesia yang terpilih menjadi cover FHM Internasional dan FHM Indonesia.

.:COVER MTV TRAX:.
Anggun adalah selebriti Indonesia pertama yang menjadi cover MTV Trax.

.:ARTIS TERPANAS PILIHAN MTV ASIA:.
Bulan September 1998, Anggun adalah artis Asia pertama yang terpilih menjadi Artis Terpanas (Hot Seat Artist) MTV Asia.

.:VIDEO PENYANYI ASIA PERTAMA:.
Video 'Snow On The Sahara' adalah video penyanyi Asia pertama yang berhasil menembus Chart MTV Asia Hit List. Posisi tertinggi yang sempat diraih adalah runner up.

.:3 LAGU MENEMBUS BILLBOARD AMERIKA:.
Tidak sia-sia Anggun promosi selama beberapa bulan ke Amerika. Tiga lagu dari album 'Snow On The Sahara' : Snow On The Sahara, A Rose In The Wind dan Life On Mars sempat menembus chart Billboard Amerika.

.: PENYANYI INDONESIA PERTAMA DI CNN:.
Anggun tercatat sebagai penyanyi Indonesia pertama yang diwawancarai secara eksklusif di acara World Beat CNN New York.

.:MENJADI TOPIK UTAMA VOICE OF AMERIKA:.
Stasiun radio kerjasama Indonesia dengan Amerika di Washington DC : Voice of America, pernah membahas profil Anggun sebagai tajuk utama.

.:JINGLE IKLAN:.
Lagu-lagu Anggun yang pernah digunakan sebagai jingle iklan produk internasional:
# Jam Tangan SWATCH - Snow On The Sahara
# Barella Cereal - Still Reminds Me

.:SOUNDTRACK SERIAL TV EROPAH:.
Lagu-lagu Anggun yang pernah menjadi soundtrack serial TV Eropah :
# Les Perles Du Pacifique - La Perle Noire
# NBC's Series : Passion - On The Breath Of An Angel
# NBC's Series : Princess and Marine - On The Breath Of An Angel
# Anja and Viktor - Here Without You

.:SOUNDTRACK FILM:.
# Si Roy - Si Roy (Film Indonesia)
# Anastacia - Cest Le Debut
# Gloups! Je Suis Poisson - Ocean Of Love
# Flat Mania - Take Me There
# Open Heart - Open Your Heart (Album)
# Transpotter - Saviour

.:KEBIASAAN DI JAKARTA:.
Setiap kali datang ke JAkarta, ada dua hal yang wajib dilakukan Anggun :
# Berkunjung kerumah neneknya di Jogjakarta
# Ziarah ke makam ayahanda tercinta.

.:SELAMAT DATANG DI AMERIKA:.
Tanggal 26 Mei 1998, album Anggun resmi beredar diseluruh Amerika. Dilanjutkan dengan tour ke Boston, Atlanta, Houston, Minneapolis, Chicago dan San Fransisco dihadapan sekitar 700.000 penonton. Video 'Snow On The Sahara' versi Amerika disutradari Anthea Benton dan tayang di MTV Amerika dan VH1.

.:MAKANAN WAJIB DIJAKARTA:.
Ketika berada di Jakarta, menu berikut ini tidak pernah absen dipesan Anggun :
# Bakso
# Sate Ayam
# Siomay
# Nasi PAdang
# Gulai Otak Otak
# Teh Botol

.:AUDISI DI MANILA:.
Sebelum dikontrak oleh Sony Music untuk 5 album, Anggun terlebih dahulu mengikuti audisi di Manila, Filipina yang disaksikan oleh presiden Sony Music dari seluruh dunia dan diikuti oleh penyanyi dari berbagai negara.
Anggun berhasil lolos audisi dan dikontrak oleh Sony Music.

.:SNOW ON THE SAHARA TERJUAL SEJUTA KEPING:.
Debut album internasional Anggun terjual tidak kurang dari satu juta keping. Album ini juga diedarkan dilebih dari 33 negara.

.: PERJUANGAN GO INTERNASIONAL:.
Tidak seperti kebanyakan penyanyi Indonesia yang hanya bisa gembar-gembar ingin go internasional, jauh sebelum berangkat ke Paris Anggun sudah melakukan banyak usaha.
Salah satunya dengan rajin mengirim demo rekaman ke produser-produser rekaman di Inggris. Salah satu demo Anggun yang sempat mencuri perhatian salah satu produser terkenal Inggris adalah demo rekaman suara Anggun menyanyikan lagu 'Can The Can' milik Suzy Quatro.

.: DIKONTRAK PONY CANYON:.
Sebelum meninggalkan Indonesia menuju London, Anggun sempat dikontrak perusahaan rekaman terkenal asal Jepang : Pony Canyon, untuk album bahasa Inggris yang akan beredar di Asia.
Anggun sudah sempat rekaman 4 lagu bahasa Inggris di Singapura, tetapi kemudian tidak ada kelanjutan'nya.

.:THE LOST BOYS:.
Anggun sempat punya band sendiri yang anggota'nya sekarang adalah personil band terkenal Indonesia. Nama'nya Lost Boys. Mereka adalah :
# Baron - Gitaris (Eks-GIGI, sekarang Solo)
# Thomas - Bass (GIGI)
# Ronald - Drum (Eks-GIGI/Dr.PM)
# Andy Ayunir - Keyboard

.:BALI CIPTA RECORD:.
Ingin serius menggarap albumnya, usia 19 tahun Anggun mendirikan perusahaan rekaman sendiri dengan nama Bali Cipta Record. Orang-orang dibalik perusahaan rekaman ini adalah :
# Anggun - Owner
# Michel Georgea - Supervisor
# Ari Ayunir - Director
# Andy Ayunir - Komisaris
# Sumitri Menon - Lawyer

.:CHILDREN POP SINGER:.
Anggun adalah juara II kompetisi Children Pop Singer tahun 1982. Teman-teman seangkatan Anggun dalam ajang ini adalah Julius Sitanggang, Irma June dan Yuni Shara.

.:TIDAK SUKA MAKAN:.
Waktu kecil Anggun adalah termasuk anak yang sangat susah disuruh makan. Maunya hanya ingin makan Es Krim Swensen dan Black Forest. Baru mau makan kalau sang Mama masak Cah Swikee.

.: PEMILU:.
Anggun pertama kali ikut nyoblos adalah pada Pemilihan Umum tahun 1992. Waktu itu Anggun sudah berusia 18 tahun.

.:TEMAN SEKOLAH:.
Di SMP 216 Salemba, Anggun duduk dikelas II-5. Nama-nama teman akrab Anggun adalah : Endang, Helda, Linda dan Iza.

.:NAMA PANGGILAN:.
Ternyata nama panggilan Anggun dirumah beda dengan disekolah. Kalau dirumah Anggun dipanggil 'Anggun', maka disekolah Anggun dipanggil 'Ami'.

.:HOBBY:.
Dulu Anggun adalah penggemar berat komik Asterix dan kalau main Nintendo suka lupa waktu. Pernah main sampai 8 jam nonstop.

.:OBAT JERAWAT:.
Waktu remaja, Anggun sempat bermasalah dengan yang namanya jerawat. Semua obat sudah dicoba, tetapi tidak sembuh-sembuh juga. Setelah pakai sabun Lifeboy, jerawatnya sembuh.
"Puralin pembasmi kuman'nya ampuh lho", ungkap Anggun jujur tanpa bermaksud berpromosi.

.:CIBADUYUT:.
Kalo mau beli sepatu, Anggun dulu sering ke Cibaduyut, Bandung. Harga sepatu Anggun 30.000 rupiah saja.

Minggu, 28 April 2013

Anggun, apa yang belum ku tahu tentang mu? Bagian 1.

thanks to : lumograph
------------------



Anggun Cipta Sasmi yang dulu adalah penyanyi rock Indonesia telah bermetamorfosa menjadi Anggun yang penyanyi pop dunia. Tetapi Anggun tetap manusia biasa yang juga menyimpan sejuta kisah atau cerita disepanjang perjalanan karirnya yang bisa mengundang senyum kita.

.:DITEGUR PAK RT:.
Tak bisa dirinci dengan jelas sejak kapan Anggun menyukai segala macam aksesoris berbentuk dan bergambar tengkorak. Mulai dari baju bermotif tengkorak sampai asbak berbentuk tengkorak yang Anggun beli di Hard Rock Cafe Singapura.
Gara-gara mengibarkan bendera bergambar tengkorak didepan rumahnya, Anggun pernah ditegur oleh Pak RT.

.:SALAH KOSTUM:.
Aksi panggung Anggun memang mempesona. Apalagi didukung oleh kostum panggung yang elegan. Tetapi jangan dikira Anggun tidak pernah mengalami yang namanya salah kostum. Ceritanya ketika Anggun mendapat tawaran manggung di Medan. Sebelumnya Anggun tidak diberi gambaran siapa-siapa saja yang akan menjadi penonton. Anggun yang biasanya manggung didepan penonton usia muda akhirnya yakin tampil dengan kostum kebanggaan'nya : celana pendek, kaos ketat dan sepatu boot.
Ternyata saat akan tampil dipanggung, Anggun baru sadar kalau penonton'nya adalah bapak-bapak dan ibu-ibu pejabat yang memakai setelan jas dan kebaya.

.:JULIET MELARIKAN DIRI:.
Teater Satu Merah Panggung pimpinan Ratna Sarumpaet berencana mementaskan lakon Romeo dan Juliet. Anggun mendapat peran utama sebagai Juliet. Saat latihan adegan Romeo berpelukan dengan Juliet, Anggun tiba-tiba kabur. Ternyata Anggun enggan melakukan adegan pelukan. Akhirnya pada penampilan didepan penonton, adegan tersebut disiasati dengan trik lampu.

.:RITSLETING JEBOL:.
Ditengah-tengah sebuah konser tunggal di 21 Concert Hall dibulan Oktober 1993, setelah membawakan beberapa lagu Anggun yang saat itu memakai celana pendek ketat menghilang dibelakang panggung untuk ganti kostum. Karena terlalu lama menunggu, penonton mulai bersuit-suit.
Akhirnya Anggun muncul lagi, tetap dengan celana pendek'nya. Lho, katanya mau ganti kostum?
"Iya, tadi Anggun memang mau ganti kostum dengan gaun panjang. Tetapi tadi ritsleting'nya jebol pas dipake", kata Anggun sedikit kesal.

.:TERLANTAR DI PALEMBANG:.
Anggun dan Slank manggung bareng diacara Gefra Rock Show di Palembang. Seusai manggung ternyata panitia'nya tidak sanggup membayar tiket untuk pulang ke Jakarta. Dana yang tersisa hanya cukup untuk ongkos naik bus yang biasanya memakan waktu 2 sampai 3 hari. Akhirnya Anggun dan Slank patungan membayar tiket pesawat.

.:DILARANG BERBICARA DENGAN SOPIR:.
Anggun merayakan Lebaran dirumah nenek'nya di Jogja. Dalam perjalanan pulang, mobil yang dikendarai Anggun mengalami kecelakaan yang mengakibatkan bagain depan mobil BMW 318i putih kesayangan Anggun ringsek. Kenapa bisa kecelakaan? "Aku dan Michel ngobrol'nya lagi seru banget sampai nggak sadar kalo Michel lagi nyetir. Kaget banget waktu tiba-tiba sudah ada mobil Kijang didepan".
Mungkin lain kali Anggun perlu memasang tanda "dilarang berbicara dengan sopir" dimobilnya supaya tidak kecelakaan lagi.

.:TERSESAT DIJAKARTA:.
Meski lahir di Jakarta, ternyata dulu Anggun sempat tersesat di Jakarta. Ceritanya sepulang sekolah, Anggun naik bis tingkat yang Anggun kurang yakin jurusan'nya kemana. Karena bingung, Anggun turun disebuah kawasan yang sama sekali dia tidak kenal.
Ternyata ada beberapa orang yang mengenal Anggun sebagai penyanyi hingga akhirnya dipanggilin becak untuk mengantar Anggun pulang kerumahnya di Rawamangun.
Kenapa bisa sampai tersesat?
"Sebab kalau kemana-mana, Anggun biasanya selalu bareng Mama sich. Pas jalan sendiri, bingung deh. Hahaha...", Anggun tertawa geli.

.:TONTONAN GRATIS:.
Tadinya Anggun akan dijemput setelah selesai kursus bahasa Prancis. Tetapi setelah menunggu satu jam, mobil jemputan tak juga muncul. Akhirnya Anggun nekad jalan kaki pulang kerumah.
Disepanjang jalan, Anggun yang penyanyi terkenal lengkap dengan kostum 'ajaib'nya - celana pendek ketat dan sepatu kets - menjadi tontonan gratis orang-orang dijalan raya. "Tadinya sich Anggun cuek aja. Tetapi lama-lama malu juga diliat'in terus. Akhirnya Anggun langsung naik taksi", kenang Anggun sambil tersenyum.

.:ANGGUN YANG TERCIPTA LEWAT MIMPI:.
Awalnya Darto Singo (ayah Anggun) ingin memiliki lima anak laki-laki supaya seperti Pandawa. Beberapa minggu sebelum tanggal 29 April 1974, Darto Singo bermimpi melihat seorang anak perempuan anggun berambut panjang duduk diatas awan. Tepat tanggal 29 April, lahirlah anak perempuan yang jeritan tangis pertamanya tidak kalah dengan suara petir. Beberapa nama sempat dipersiapkan untuknya : Anggun Hapsari, Anggun Hastari dan lain-lain. Akhirnya sesuai dengan mimpi sang ayah, si 'cengeng luar biasa' ini diberi nama Anggun Cipta Sasmi yang artinya 'keanggunan yang tercipta lewat mimpi'.

.:GAMPANG KESAL:.
Waktu kecil, Anggun adalah penggemar tokoh Cinderella sehingga dia gampang kesal gara-gara kamar yang berantakan. Juga suka ngambek karena lupa menaruh jam tangannya dimana. Untungnya Anggun menyalurkan rasa kesalnya dengan cara bermain piano sampai ketiduran.

.:LATIHAN VOKAL ALA MILITER:.
Memiliki tehnik vokal yang bagus serta pernafasan yang sempurna justru bukan diterima Anggun ditempat kursus vokal. Anggun sejak kecil latihan diteras rumah dengan hanya memakai celana dalam supaya gerakan rongga perut kelihatan dan dibawah 'ancaman' sabetan sapu lidi supaya mau serius latihan.
Sepanjang hari, tetangganya mendengar Anggun teriak-teriak saat latihan vokal.
Tidak malu dilihatin tetangga cuma pakai celana dalam?
"Waktu kecil Anggun tidak tau malu. Anggun baru tau mau setelah berusia 12 tahun", terang Anggun polos.

.:DICUEK'IN COWOK IMPIAN:.
Masa-masa sekolah Anggun dulu tidak jauh berbeda dengan remaja zaman sekarang. Anggun juga pernah naksir cowok teman sekolahnya. Layaknya remaja cewek yang sedang jatuh cinta, setiap kali bertemu sang cowok disekolah Anggun langsung pasang aksi : rambut dibenahin dan pasang senyum paling manis. Eh, ternyata Anggun dicuek'in.
Kira-kira kenapa ya?
"Bodo amat. Udah deh, nggak usah dibahas lagi", Anggun buru-buru ganti topik pembicaraan.
Coba kalo cowok itu melihat Anggun yang sekarang, mungkin dia akan menyesal pernah cuek sama Anggun.

.:BARANG YANG PALING MAHAL:.
Menjadi penyanyi terkenal di Indonesia, biaya terbesar yang dikeluarkan Anggun bukan untuk beli kostum panggung seperti kebanyakan penyanyi lain tetapi justru untuk beli sepatu. Anggun dan manajer'nya Michel sama-sama hobby belanja sepatu.
"Biar tidak terlalu boros, maunya sich sesekali Anggun pengen barter sepatu sama Michel. Tapi nggak bisa karena sepatu dia modelnya bapak-bapak".
Anggun pernah membeli sepatu seharga 400.000 rupiah. Saking sayangnya, sepatu itu justru jarang dipakai. Dan kalau dipakai, Anggun jalan'nya hati-hati dan pelan-pelan sekali.

.:TETAP HAFAL LAGU 'UNYIL':.
Sejak kecil, Anggun sudah kursus piano klasik. Ketika duduk dibangku SMP, kursus piano'nya berhenti selama 3 tahun karena Anggun sekolah siang. Akhirnya karena kelamaan tidak melanjutkan kursus, Anggun sempat lupa kunci untuk memainkan beberapa lagu.
"Tetapi aku tetap ingat kunci lagu 'Unyil' lho", ujar Anggun bangga.

.:TINGGAL KELAS:.
Bertolak belakang dengan lagu 'Tegang' yang bercerita tentang senangnya naik kelas, Anggun pernah tinggal kelas di SMA 68 Jakarta. "Tetapi Anggun tinggal kelas bukan karena goblok lho", Anggun buru-buru menjelaskan. "Sebenarnya Anggun pinter kok, buktinya bisa diterima di SMA 68". Survey sampai tahun 2004, SMA 68 adalah salah satu dari 20 Sekolah Favorit di Jakarta. Anggun ternyata tinggal kelas karena pernah hanya sekolah 3 haru selama sebulan dan ketinggalan ulangan umum dan harian.

.:ANAK TIRI PANITIA:.
Supaya mau menyanyi dipanggung Ancol, Anggun harus disogok dulu dengan es krim. Ternyata kefasihan Anggun kecil menyanyikan lagu berbahasa Inggris memikat hati seorang panitia acara. Undangan untuk mengisi acara di Balai Sidang Senayan menjadi kejutan yang menyenangkan buat Anggun.
Ternyata Anggun dianaktirikan. Tidak ditawari makan dan minum. Sekarang pengalaman itu sudah menjadi tertawaan buat Anggun karena setelah melejit lewat lagu Tua Tua Keladi, Anggun telah menjadi bintang disetiap acara.

.:BARET CELUP:.
Bukan. Ini tidak ada hubungannya dengan Teh Celup favorit Anggun. Ceritanya berawal ketika salah seorang penggemar Anggun yang minta topi baret Anggun yang berwarna hitam. Tadinya Anggun enggan memberikan karena itu adalah topi baret warna hitam satu-satunya. Tetapi karena diikutin terus, akhirnya Anggun memberikan topi baretnya.
Tetapi ternyata setelah dicari kemana-mana, tidak ada lagi dijual baret warna hitam. Anggun tak kurang akal, dia mencelupkan baret warna putihnya kedalam cat warna hitam. Boro-boro jadi hitam, baretnya malah jadi warna abu-abu tidak jelas. Kemudian Anggun mencoba menyemprot dengan Pilox warna hitam. Baretnya kini menjadi hitam mengkilat sesuai dengan keinginan Anggun.
Tetapi kegembiraan Anggun tidak berlangsung lama. Tiba-tiba topi baretnya malah menyusut gara-gara bahan'nya tidak cocok dengan bahan kimia yang terdapat dalam Pilox. "Sekarang Anggun setiap lihat baret warna hitam pasti langsung beli. Soal mau dipakai atau tidak, itu urusan belakangan. Jangan samapi terjadi kasus baret celup lagi".

.:BARET DARI ABRI:.
Masih tentang baret, beberapa dari koleksi baret Anggun adalah hasil pemberian penggemarnya. Setiap kali manggung, selalu saja ada yang melempar topi baret keatas panggung. "Setiap kali ada baret melayang kepanggung, Anggun selalu ambil dan langsung pakai biar penggemarnya bangga dan senang". Pernah Anggun mendapat sebuah topi baret warna ungu dari seorang penggemar."Ada tulisan ABRI'nya. Anggun pikir dia itu anggota ABRI", ujar Anggun bangga karena mendapat baret asli yang resmi dari anggota ABRI. "Eh, ternyata dia anggota Menwa (Resimen Mahasiswa)".

.:BERBAKAT JADI PEMULUNG?:.
Anggun ikut ambil bagian dalam pementasan operet yang dimainkan sanggap Papiko pimpinan Titik Puspa. Anggun kebagian peran sebagai anak pemulung.
Salah satu kritisi seni yang kebetulan menonton pertunjukan tersebut memberi komentar tentang Anggun.
"Akting Anggun sangat natural. Wajahnya memelas persis anak pemulung benaran. Anak pemulung sungguhan saja pasti tidak bisa berperan sebagai anak pemulung sebagus akting Anggun".

.:BANDELNYA ANGGUN REMAJA:.
Waktu masih sekolah, Anggun dan teman-temannya suka iseng mengutil coklat di supermarket. Pernah ketangkep, nggak? "Nggak tuh. Dulu khan belum ada kamera pemantau, jadi nggak pernah ketahuan. Eh, tetapi kebiasaan yang ini jangan ditiru ya!"

.:KUE ULTAH BERBENTUK GITAR:.
Saat merayakan Ulang Tahun yang ke 19, kue Ulang Tahun Anggun bentuknya gitar. Kok gitar? Anggun khan vokalis, bukan gitaris?
"Kalau kue'nya berbentuk mike, khan kekecilan. Nanti Anggun disangka ngirit lagi. Tadinya sich mau pesan kue berbentuk drum satu set, tetapi ternyata kegedean".

.:CAPUNG OBAT BESER:.
Sampai umur 7 tahun, ternyata Anggun masih suka ngompol. Akhirnya sang Ibu mencoba mengobati dengan cara tradisisonal. Konon katanya kalau seekor capung diolesin kepusar anak yang masih ngompol, maka besernya akan sembuh. Maka dioleskanlah seekor capung kepusar Anggun. Berhasil?
"Enggak tuh. Soalnya waktu capungnya diolesin, khan geli banget. Anggun jadi ketawa-ketawa melulu dan pipisnya makin lancar".

.:UMUR 5 TAHUN MENCIPTA LAGU:.
Anggun memang terlahir untuk menjadi bintang. Sejak kecil bakatnya sudah kelihatan. Salah satunya ketika umur 5 tahun udah coba-coba ciptain lagu. Judul'nya apa ya?
"Udah lupa tuh. Yang jelas, du..du..du..du..'nya banyak banget".

Minggu, 24 Maret 2013

Dicky Adam


Both of them are fabulous!


Selasa, 26 Februari 2013

Februari 2010

11 Februari 2010 at 7.43am
Kau ke barat, aku ke timur. Berjanji bertemu di selatan. Mari tepati.
Kau harus pergi ke Palembang (nikah atau cerai?). Kamu suruh aku mampir di bandung, temui umi. Akupun mengiyakan dan berjanji.

12 Februari 2010 at 8.45am
Seorang ibu tak 'kan pernah bisa dibohongi oleh anak-anaknya. Saya pikir ibunya hasbi tau bahwa pernikahan anaknya tak bahagia.

12 Februari 2010 at 6.29pm
Saya bingung mau ngomong apa. Ketika tau kamu akhirnya bercerai.

18 Februari 2010 at 6.32am
Menunggu masa idahmu, menguji kesabaranku

19 Februari 2010 at 7.45am
Where are you? I dont like this game. Kaupun susah dihubungi.
Jangan diam atuh. Saya khan jadi bingung. Mari bicara.

23 Februari 2010 at 1.43am
Kulkas kosong berbunyi nyaring. Ganggu tidur aja. Besok harus di isi nih, agar nggak berisik. Kamu tidur ngorok.

24 Februari 2010 at 8.41am
Mulai minggu depan Si Kulkas akan tinggal bersamaku di Bogor! Mesti siap2 nih. *girang mode on*

24 Februari 2010 at 8.53am
Lengkap sudah yang dicari. Sprei, sajadah, handuk, peralatan mandi dan pastinya : kain sarung. Baru!

25 Februari 2010 at 9.59am
Belanja subuh ternyata asyik juga. Sekarang sudah ada ikan, ayam, udang, sayuran dan buah. Kulkas mendadak penuh. Tapi akibatnya telat ngantor. Maaf pak boss.

25 Februari 2010 at 8.55pm
Besok hari jumat. Horey!

26 Februari 2010 at 1.55pm
Kiamat kecil itupun terjadi. :(

Senin, 11 Februari 2013

Tosyima Kelapa Dua

Jl. Klapa Dua ((Brimob - Klapa Dua)), Depok, West Java

Yang Shen Tang

Jl. Raya Jatinegara Timur No. 35A, Jakarta Timur

Kamis, 03 Januari 2013

Original Sound Track : Gie

OST. Gie sung by Eross SO7 & Okta

OST. Gie - Donna Donna



 OST. Gie - Cahaya Bulan by Eross S07 & Okta