Minggu, 28 April 2013

Anggun, apa yang belum ku tahu tentang mu? Bagian 1.

thanks to : lumograph
------------------



Anggun Cipta Sasmi yang dulu adalah penyanyi rock Indonesia telah bermetamorfosa menjadi Anggun yang penyanyi pop dunia. Tetapi Anggun tetap manusia biasa yang juga menyimpan sejuta kisah atau cerita disepanjang perjalanan karirnya yang bisa mengundang senyum kita.

.:DITEGUR PAK RT:.
Tak bisa dirinci dengan jelas sejak kapan Anggun menyukai segala macam aksesoris berbentuk dan bergambar tengkorak. Mulai dari baju bermotif tengkorak sampai asbak berbentuk tengkorak yang Anggun beli di Hard Rock Cafe Singapura.
Gara-gara mengibarkan bendera bergambar tengkorak didepan rumahnya, Anggun pernah ditegur oleh Pak RT.

.:SALAH KOSTUM:.
Aksi panggung Anggun memang mempesona. Apalagi didukung oleh kostum panggung yang elegan. Tetapi jangan dikira Anggun tidak pernah mengalami yang namanya salah kostum. Ceritanya ketika Anggun mendapat tawaran manggung di Medan. Sebelumnya Anggun tidak diberi gambaran siapa-siapa saja yang akan menjadi penonton. Anggun yang biasanya manggung didepan penonton usia muda akhirnya yakin tampil dengan kostum kebanggaan'nya : celana pendek, kaos ketat dan sepatu boot.
Ternyata saat akan tampil dipanggung, Anggun baru sadar kalau penonton'nya adalah bapak-bapak dan ibu-ibu pejabat yang memakai setelan jas dan kebaya.

.:JULIET MELARIKAN DIRI:.
Teater Satu Merah Panggung pimpinan Ratna Sarumpaet berencana mementaskan lakon Romeo dan Juliet. Anggun mendapat peran utama sebagai Juliet. Saat latihan adegan Romeo berpelukan dengan Juliet, Anggun tiba-tiba kabur. Ternyata Anggun enggan melakukan adegan pelukan. Akhirnya pada penampilan didepan penonton, adegan tersebut disiasati dengan trik lampu.

.:RITSLETING JEBOL:.
Ditengah-tengah sebuah konser tunggal di 21 Concert Hall dibulan Oktober 1993, setelah membawakan beberapa lagu Anggun yang saat itu memakai celana pendek ketat menghilang dibelakang panggung untuk ganti kostum. Karena terlalu lama menunggu, penonton mulai bersuit-suit.
Akhirnya Anggun muncul lagi, tetap dengan celana pendek'nya. Lho, katanya mau ganti kostum?
"Iya, tadi Anggun memang mau ganti kostum dengan gaun panjang. Tetapi tadi ritsleting'nya jebol pas dipake", kata Anggun sedikit kesal.

.:TERLANTAR DI PALEMBANG:.
Anggun dan Slank manggung bareng diacara Gefra Rock Show di Palembang. Seusai manggung ternyata panitia'nya tidak sanggup membayar tiket untuk pulang ke Jakarta. Dana yang tersisa hanya cukup untuk ongkos naik bus yang biasanya memakan waktu 2 sampai 3 hari. Akhirnya Anggun dan Slank patungan membayar tiket pesawat.

.:DILARANG BERBICARA DENGAN SOPIR:.
Anggun merayakan Lebaran dirumah nenek'nya di Jogja. Dalam perjalanan pulang, mobil yang dikendarai Anggun mengalami kecelakaan yang mengakibatkan bagain depan mobil BMW 318i putih kesayangan Anggun ringsek. Kenapa bisa kecelakaan? "Aku dan Michel ngobrol'nya lagi seru banget sampai nggak sadar kalo Michel lagi nyetir. Kaget banget waktu tiba-tiba sudah ada mobil Kijang didepan".
Mungkin lain kali Anggun perlu memasang tanda "dilarang berbicara dengan sopir" dimobilnya supaya tidak kecelakaan lagi.

.:TERSESAT DIJAKARTA:.
Meski lahir di Jakarta, ternyata dulu Anggun sempat tersesat di Jakarta. Ceritanya sepulang sekolah, Anggun naik bis tingkat yang Anggun kurang yakin jurusan'nya kemana. Karena bingung, Anggun turun disebuah kawasan yang sama sekali dia tidak kenal.
Ternyata ada beberapa orang yang mengenal Anggun sebagai penyanyi hingga akhirnya dipanggilin becak untuk mengantar Anggun pulang kerumahnya di Rawamangun.
Kenapa bisa sampai tersesat?
"Sebab kalau kemana-mana, Anggun biasanya selalu bareng Mama sich. Pas jalan sendiri, bingung deh. Hahaha...", Anggun tertawa geli.

.:TONTONAN GRATIS:.
Tadinya Anggun akan dijemput setelah selesai kursus bahasa Prancis. Tetapi setelah menunggu satu jam, mobil jemputan tak juga muncul. Akhirnya Anggun nekad jalan kaki pulang kerumah.
Disepanjang jalan, Anggun yang penyanyi terkenal lengkap dengan kostum 'ajaib'nya - celana pendek ketat dan sepatu kets - menjadi tontonan gratis orang-orang dijalan raya. "Tadinya sich Anggun cuek aja. Tetapi lama-lama malu juga diliat'in terus. Akhirnya Anggun langsung naik taksi", kenang Anggun sambil tersenyum.

.:ANGGUN YANG TERCIPTA LEWAT MIMPI:.
Awalnya Darto Singo (ayah Anggun) ingin memiliki lima anak laki-laki supaya seperti Pandawa. Beberapa minggu sebelum tanggal 29 April 1974, Darto Singo bermimpi melihat seorang anak perempuan anggun berambut panjang duduk diatas awan. Tepat tanggal 29 April, lahirlah anak perempuan yang jeritan tangis pertamanya tidak kalah dengan suara petir. Beberapa nama sempat dipersiapkan untuknya : Anggun Hapsari, Anggun Hastari dan lain-lain. Akhirnya sesuai dengan mimpi sang ayah, si 'cengeng luar biasa' ini diberi nama Anggun Cipta Sasmi yang artinya 'keanggunan yang tercipta lewat mimpi'.

.:GAMPANG KESAL:.
Waktu kecil, Anggun adalah penggemar tokoh Cinderella sehingga dia gampang kesal gara-gara kamar yang berantakan. Juga suka ngambek karena lupa menaruh jam tangannya dimana. Untungnya Anggun menyalurkan rasa kesalnya dengan cara bermain piano sampai ketiduran.

.:LATIHAN VOKAL ALA MILITER:.
Memiliki tehnik vokal yang bagus serta pernafasan yang sempurna justru bukan diterima Anggun ditempat kursus vokal. Anggun sejak kecil latihan diteras rumah dengan hanya memakai celana dalam supaya gerakan rongga perut kelihatan dan dibawah 'ancaman' sabetan sapu lidi supaya mau serius latihan.
Sepanjang hari, tetangganya mendengar Anggun teriak-teriak saat latihan vokal.
Tidak malu dilihatin tetangga cuma pakai celana dalam?
"Waktu kecil Anggun tidak tau malu. Anggun baru tau mau setelah berusia 12 tahun", terang Anggun polos.

.:DICUEK'IN COWOK IMPIAN:.
Masa-masa sekolah Anggun dulu tidak jauh berbeda dengan remaja zaman sekarang. Anggun juga pernah naksir cowok teman sekolahnya. Layaknya remaja cewek yang sedang jatuh cinta, setiap kali bertemu sang cowok disekolah Anggun langsung pasang aksi : rambut dibenahin dan pasang senyum paling manis. Eh, ternyata Anggun dicuek'in.
Kira-kira kenapa ya?
"Bodo amat. Udah deh, nggak usah dibahas lagi", Anggun buru-buru ganti topik pembicaraan.
Coba kalo cowok itu melihat Anggun yang sekarang, mungkin dia akan menyesal pernah cuek sama Anggun.

.:BARANG YANG PALING MAHAL:.
Menjadi penyanyi terkenal di Indonesia, biaya terbesar yang dikeluarkan Anggun bukan untuk beli kostum panggung seperti kebanyakan penyanyi lain tetapi justru untuk beli sepatu. Anggun dan manajer'nya Michel sama-sama hobby belanja sepatu.
"Biar tidak terlalu boros, maunya sich sesekali Anggun pengen barter sepatu sama Michel. Tapi nggak bisa karena sepatu dia modelnya bapak-bapak".
Anggun pernah membeli sepatu seharga 400.000 rupiah. Saking sayangnya, sepatu itu justru jarang dipakai. Dan kalau dipakai, Anggun jalan'nya hati-hati dan pelan-pelan sekali.

.:TETAP HAFAL LAGU 'UNYIL':.
Sejak kecil, Anggun sudah kursus piano klasik. Ketika duduk dibangku SMP, kursus piano'nya berhenti selama 3 tahun karena Anggun sekolah siang. Akhirnya karena kelamaan tidak melanjutkan kursus, Anggun sempat lupa kunci untuk memainkan beberapa lagu.
"Tetapi aku tetap ingat kunci lagu 'Unyil' lho", ujar Anggun bangga.

.:TINGGAL KELAS:.
Bertolak belakang dengan lagu 'Tegang' yang bercerita tentang senangnya naik kelas, Anggun pernah tinggal kelas di SMA 68 Jakarta. "Tetapi Anggun tinggal kelas bukan karena goblok lho", Anggun buru-buru menjelaskan. "Sebenarnya Anggun pinter kok, buktinya bisa diterima di SMA 68". Survey sampai tahun 2004, SMA 68 adalah salah satu dari 20 Sekolah Favorit di Jakarta. Anggun ternyata tinggal kelas karena pernah hanya sekolah 3 haru selama sebulan dan ketinggalan ulangan umum dan harian.

.:ANAK TIRI PANITIA:.
Supaya mau menyanyi dipanggung Ancol, Anggun harus disogok dulu dengan es krim. Ternyata kefasihan Anggun kecil menyanyikan lagu berbahasa Inggris memikat hati seorang panitia acara. Undangan untuk mengisi acara di Balai Sidang Senayan menjadi kejutan yang menyenangkan buat Anggun.
Ternyata Anggun dianaktirikan. Tidak ditawari makan dan minum. Sekarang pengalaman itu sudah menjadi tertawaan buat Anggun karena setelah melejit lewat lagu Tua Tua Keladi, Anggun telah menjadi bintang disetiap acara.

.:BARET CELUP:.
Bukan. Ini tidak ada hubungannya dengan Teh Celup favorit Anggun. Ceritanya berawal ketika salah seorang penggemar Anggun yang minta topi baret Anggun yang berwarna hitam. Tadinya Anggun enggan memberikan karena itu adalah topi baret warna hitam satu-satunya. Tetapi karena diikutin terus, akhirnya Anggun memberikan topi baretnya.
Tetapi ternyata setelah dicari kemana-mana, tidak ada lagi dijual baret warna hitam. Anggun tak kurang akal, dia mencelupkan baret warna putihnya kedalam cat warna hitam. Boro-boro jadi hitam, baretnya malah jadi warna abu-abu tidak jelas. Kemudian Anggun mencoba menyemprot dengan Pilox warna hitam. Baretnya kini menjadi hitam mengkilat sesuai dengan keinginan Anggun.
Tetapi kegembiraan Anggun tidak berlangsung lama. Tiba-tiba topi baretnya malah menyusut gara-gara bahan'nya tidak cocok dengan bahan kimia yang terdapat dalam Pilox. "Sekarang Anggun setiap lihat baret warna hitam pasti langsung beli. Soal mau dipakai atau tidak, itu urusan belakangan. Jangan samapi terjadi kasus baret celup lagi".

.:BARET DARI ABRI:.
Masih tentang baret, beberapa dari koleksi baret Anggun adalah hasil pemberian penggemarnya. Setiap kali manggung, selalu saja ada yang melempar topi baret keatas panggung. "Setiap kali ada baret melayang kepanggung, Anggun selalu ambil dan langsung pakai biar penggemarnya bangga dan senang". Pernah Anggun mendapat sebuah topi baret warna ungu dari seorang penggemar."Ada tulisan ABRI'nya. Anggun pikir dia itu anggota ABRI", ujar Anggun bangga karena mendapat baret asli yang resmi dari anggota ABRI. "Eh, ternyata dia anggota Menwa (Resimen Mahasiswa)".

.:BERBAKAT JADI PEMULUNG?:.
Anggun ikut ambil bagian dalam pementasan operet yang dimainkan sanggap Papiko pimpinan Titik Puspa. Anggun kebagian peran sebagai anak pemulung.
Salah satu kritisi seni yang kebetulan menonton pertunjukan tersebut memberi komentar tentang Anggun.
"Akting Anggun sangat natural. Wajahnya memelas persis anak pemulung benaran. Anak pemulung sungguhan saja pasti tidak bisa berperan sebagai anak pemulung sebagus akting Anggun".

.:BANDELNYA ANGGUN REMAJA:.
Waktu masih sekolah, Anggun dan teman-temannya suka iseng mengutil coklat di supermarket. Pernah ketangkep, nggak? "Nggak tuh. Dulu khan belum ada kamera pemantau, jadi nggak pernah ketahuan. Eh, tetapi kebiasaan yang ini jangan ditiru ya!"

.:KUE ULTAH BERBENTUK GITAR:.
Saat merayakan Ulang Tahun yang ke 19, kue Ulang Tahun Anggun bentuknya gitar. Kok gitar? Anggun khan vokalis, bukan gitaris?
"Kalau kue'nya berbentuk mike, khan kekecilan. Nanti Anggun disangka ngirit lagi. Tadinya sich mau pesan kue berbentuk drum satu set, tetapi ternyata kegedean".

.:CAPUNG OBAT BESER:.
Sampai umur 7 tahun, ternyata Anggun masih suka ngompol. Akhirnya sang Ibu mencoba mengobati dengan cara tradisisonal. Konon katanya kalau seekor capung diolesin kepusar anak yang masih ngompol, maka besernya akan sembuh. Maka dioleskanlah seekor capung kepusar Anggun. Berhasil?
"Enggak tuh. Soalnya waktu capungnya diolesin, khan geli banget. Anggun jadi ketawa-ketawa melulu dan pipisnya makin lancar".

.:UMUR 5 TAHUN MENCIPTA LAGU:.
Anggun memang terlahir untuk menjadi bintang. Sejak kecil bakatnya sudah kelihatan. Salah satunya ketika umur 5 tahun udah coba-coba ciptain lagu. Judul'nya apa ya?
"Udah lupa tuh. Yang jelas, du..du..du..du..'nya banyak banget".

Tidak ada komentar: